Percaya yang aktif

Ibr 7:25-8:6
Mzm 40:7-10,17
Mrk 3:7-12

PERCAYA YANG AKTIF

Kemudian Yesus dengan murid-muridNya menyingkir ke danau,
dan banyak orang Galilea mengikutiNya… - Mrk 3:7

Dulu saya berpikir bahwa berdoa saja itu cukup. Tidak perlu melakukan apa-apa. Mungkin karena dulu saya terlalu beriman (sebenarnya, antara beriman dan malas itu bedanya tipis). Namun sekarang saya menyadari bahwa mengikuti Tuhan itu perlu usaha.

Yesus banyak memuji orang-orang yang terus berusaha untuk mendekati Dia. Bila kita ingat Bartimeus sang pengemis buta, Zakeus pemungut cukai yang bertubuh pendek, dan masih banyak yang lain. Mereka ini tidak pernah berhenti berusaha untuk mendekati Yesus untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Orang banyak dalam bacaan injil hari inipun demikian. Mereka terus mengikuti Yesus ke manapun Ia pergi. Mereka tahu bahwa ada kesembuhan, kuasa, keselamatan pada diri Yesus sehingga mereka tidak perduli berapapun harga yang harus mereka bayar.

Mungkin hal ini berbeda dengan kita di jaman sekarang. Kita sudah sangat nyaman dengan hidup ini. Sehingga saat kita mendengar bahwa ada kesembuhan, kuasa dan keselamatan dalam diri Yesus Tuhan hal ini sudah sangat biasa bagi kita. Bahkan kesan “sembuh ya syukur, tidak sembuh sudah biasa” sudah sangat melekat dalam hati kita. Itulah sebabnya jangan heran bila kita tidak mendapat apa-apa.

Hendaklah percaya kita menjadi percaya yang aktif, bukan percaya yang pasif. Mengikuti Tuhan butuh usaha, bahkan mungkin ada harga yang harus dibayar. Namun percayalah, orang yang mencari Yesus dengan sungguh-sungguh tidak akan pernah dikecewakan. (Al)

Apakah saya orang percaya yang aktif atau pasif?

-------

3:7 Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea,
3:8 dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya.
3:9 Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya.
3:10 Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya.
3:11 Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah."
3:12 Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

0 komentar:

Posting Komentar