Be the Light

Yes 49:3,5-6
Mzm 40:2,4ab,7-10
1Kor 1:1-3
Yoh 1:29-34

BE THE LIGHT

Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa
supaya keselamatan yang dari padaKu sampai ke ujung bumi. - Yes 49:6b

Sebuah permenungan yang menarik ketika saya dihadapkan dengan kata “menjadi terang” bagi orang lain. Untuk menjadi terang, saya perlu lebih dulu mengerti apa itu terang dan bagaimana menjadi terang, barulah saya bisa menjadi terang bagi orang lain. Bagi saya, perbuatan-perbuatan terang adalah perbuatan yang berkenan bagi Tuhan. Jadi untuk menjadi terang, sikap dan kelakuan saya harus menunjukkan bahwa saya adalah murid Tuhan.

Saya bersyukur punya komunitas rohani dimana saya belajar untuk menjadi terang dari cara hidup berkomunitas dimana kami saling menjaga satu sama lain, saling mendoakan, bahkan saling menegur dalam kasih ketika ada kesalahan atau yang tidak berkenan.

Namun saya menyadari terkadang terang itu terkadang me-redup. Hal ini terjadi jika saya mulai berkompromi dengan dosa. Ada kemarahan, iri hati, sulit mengampuni, keegoisan, kemalasan, sulit untuk bersyukur, dan terutama kehilangan cinta Tuhan. Semua itu bisa menghambat terang kita untuk bersinar.

Solusinya adalah menyediakan waktu khusus untuk datang kepada Tuhan dalam doa setiap hari dan mempersembahkan semua kelemahan dan pergumulan kita, agar terang kita bisa tetap bersinar. Selain itu, tetaplah menjadi terang sekalipun ada hambatan yang menghalang, karena hambatan itu ada untuk menguji konsistensi kita. (Hw)

Bagaimana saya menjadi terang dalam keseharian saya?

--------

1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
1:30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
1:31 Dan aku sendiri pun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

0 komentar:

Posting Komentar