Dengarkanlah suaranya

Kis 11:19-26
Mzm 87:1-7
Yoh 10:22-30


Dengarkanlah suaranya

Domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka
dan mereka mengikut Aku. - Yoh 10:27

Mungkin renungan ini pernah saya tulis sebelumnya. Namun entah mengapa, membaca ayat ini mendorong saya untuk menuliskannya kembali.

Jika saya katakan saya bisa mendengar suara Tuhan, mungkin akan timbul dua asumsi. Pertama, orang akan me-nganggap saya mendapat karunia istimewa. Kedua, mereka akan menasehati saya untuk beristirahat karena saya dianggap terlalu lelah sehingga mulai melantur. Namun terlepas dari kedua asumsi tersebut, saya hanya ingin mengatakan kenyataan bahwa domba-domba mendengar suara gembalanya. Dan kenyataan ini harus dipercaya dan dipegang teguh oleh setiap kita yang memanggilNya Gembala.

Tentu kita butuh latihan untuk mengenal suaraNya. Membaca firmanNya adalah sumber terbaik pengenalan akan kehendak Tuhan. Melakukan apa yang menjadi kehendakNya akan selalu mempertajam telinga kita untuk mendengar suaraNya lebih dan lebih lagi setiap hari. Karena, hanya satu tujuan Gembala berbicara kepada dombaNya, yaitu agar dombaNya mendengar dan melakukannya.

Dengarkanlah Dia, karena Dia sudah dan selalu berbicara pada kita. Permasalahannya adalah apakah kita mau mendengar suaraNya atau tidak. (Au)


Bagaimana Tuhan berbicara kepada saya?

--------------

22 Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin.
23 Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo.
24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: ''Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.''
25 Yesus menjawab mereka: ''Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
30 Aku dan Bapa adalah satu.''

0 komentar:

Posting Komentar