Lomba Berbuat Baik

Ibr 10:19-25
Mzm 24:1-6
Mrk 4:21-25

lomba berbuat baik
Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. - Ibr 10:24

Saya merasa beruntung karena selalu mendapat tempat duduk di dalam busway yang saya tumpangi setiap pulang dari sekolah tempat saya mengajar. Karena beda satu atau dua halte kemudian, busway dengan jalur yang saya tumpangi akan langsung penuh sesak.

Satu kali, seorang ibu yang sudah cukup umur berdiri di depan saya. Melihatnya cukup kesulitan untuk berdiri bergantung, saya pun berdiri dan mempersilahkannya duduk. Menurut saya, apa yang saya lakukan sangat normal. Namun heran, saya menerima tatapan aneh dari hampir semua orang di sekeliling saya waktu itu. Seakan saya bisa membaca tatapan mereka yang berbunyi, “Bodoh sekali, sudah enak bisa duduk malah memilih berdiri.” Tapi saya cuek saja, karena saya merasa senang bisa memberikan tempat duduk saya pada ibu itu. Kapan lagi menikmati berdiri bergelantungan di busway?

Saya masih ingat salah seorang pria muda yang awalnya juga memberikan tatapan aneh pada saya. Namun tak sampai lima menit kemudian, saya melihatnya berdiri dan mempersilahkan seorang bapak yang berdiri di depannya untuk duduk.

Sebenarnya saya tergoda untuk membalas tatapan anehnya. Tapi yang keluar hanya senyuman di bibir saya. Ada perasaan senang karena bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan suatu kebaikan. Saya berpikir, alangkah indahnya dunia ini jika kita semua berlomba untuk melakukan perbuatan baik seorang kepada yang lain. Dan saya yakin, semua itu bisa kita mulai dari diri kita sendiri. Perbuatan sekecil apapun, kita tidak akan pernah tahu jika itu bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan yang sama atau bahkan lebih lagi. (Jc)

Apa yang mendorong saya untuk berbuat baik?

----

4:21 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.
4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.
4:23 Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"
4:24 Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu.
4:25 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."

0 komentar:

Posting Komentar