Servant Leader

2Tim 1:1-8 atau Tit 1:1-5
Mzm 96:1-3,7-8a,10
Luk 10:1-9

SERVANT LEADER

Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah
kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan
pekerja-pekerja untuk tuaian itu. - Luk 10:2

Ketua Lingkungan kami pernah bercerita, saat diminta untuk menjadi Ketua Lingkungan, ia sama sekali tidak punya bayangan tentang pelayanan. Ia tidak pernah ambil bagian dalam kegiatan gereja, selain hanya datang ke misa. Namun ketua lingkungan sebelumnya, membesarkan hatinya untuk tidak kuatir karena yang lain akan mendukung.

Saat menjabat sebagai ketua lingkungan, aktivitasnya bertam-bah banyak. Tapi pada saat yang bersamaan, ia menghadapi cukup banyak kesulitan. Anak dan ibunya dan harus diopname di rumah sakit. Sebelum keduanya keluar dari rumah sakit, ia terpe-leset dari tangga dan bahunya terkilir sehingga harus digips. Ditambah lagi usahanya mengalami kerugian cukup besar.

Ia sempat bertanya mengapa Tuhan membiarkan semua ini terjadi saat dia mengambil keputusan untuk aktif dalam kegiatan gereja. Namun syukurlah, dia segera pulih berkat dukungan orang--orang di sekitarnya. Anak dan ibunya sembuh. Usahanya pun pulih, bahkan menjadi semakin maju. Ia bahkan cukup diper-caya dan disegani oleh warga di perumahan kami. Namun ia masih tetap rendah hati dan melayani, sama seperti dulu. Tidak merasa sebagai orang penting. Sungguh hal yang luar biasa.

Mungkin memang mudah meminta Tuhan mengirimkan pekerja. Namun hanya pekerja yang memiliki kualitas, yang akan terpilih. Kualitas seorang pelayan, sebagaimana Kristus. A Servant Leader. Pemimpin yang memiliki hati seorang hamba. (Lie)

Apakah saya melayani dengan kerendahan hati?

-----

10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
10:2 Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
10:4 Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan.
10:5 Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini.
10:6 Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:7 Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah.
10:8 Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu,
10:9 dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

0 komentar:

Posting Komentar