Pelajaran Kasih

Kis 14:21b-27
Mzm 145:8-13ab
Why 21:1-5a
Yoh 13:31-33a,34-35


PELAJARAN KASIH

…demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. - Yoh 13:35


Dulu saya bergabung dengan komunitas saya karena ingin mendengarkan pengajaran-pengajaran yang penuh inspirasi yang diberikan oleh pimpinan komunitas saya. Bertahun-tahun, itu yang menjadi alasan saya untuk tetap bergabung dengan komunitas saya.

Hari ini, hampir lima belas tahun saya menjadi anggota komunitas. Saya sadar pengajaran terbaik yang diberikan kepada saya oleh komunitas adalah pelajaran kasih. Bukan pengajaran yang disampaikan di mimbar. Bukan pengajaran yang dikhotbahkan. Bahkan bukan pengajaran yang dikutip dari Kitab Suci. Tapi pengajaran yang harus saya hidupi di komunitas.

Anda tahu, sebagai anggota suatu komunitas, saya harus bertemu orang-orang lain yang berbeda karakternya dengan saya. Saya harus belajar bekerjasama dengan mereka. Meskipun saya merasa tidak cocok dengan mereka. Saya harus memaksa diri saya menerima mereka. Beberapa di antaranya melakukan hal-hal yang tidak saya suka, namun sekali lagi saya harus menerima diri mereka apa adanya. Kalau saya punya pilihan, saya akan memilih untuk tidak ber-urusan dengan mereka. Namun kalau saya lakukan itu, saya tidak lulus dalam pelajaran kasih.

Hari demi hari, sedikit demi sedikit, saya belajar menerima, memaafkan, mengasihi. Saya masih jauh dari sempurna. Namun saya tahu, saya sudah belajar pelajaran terpenting dalam hidup saya. Pelajaran Kasih. (Jo)

Apakah saya mau belajar mengasihi?

----------------

13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.
13:33 Hai anak-anak-Ku, hanya seketika saja lagi Aku ada bersama kamu....
13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

0 komentar:

Posting Komentar