Gembala tak berdomba

1Ptr 5:1-4
Mzm 23:1-6
Mat 16:13-19


Gembala tak berdomba
Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu. - 1Ptr 5:2a

Perintah Tuhan hari ini cukup membingungkan bagi saya. Tuhan meminta kita untuk menggembalakan, tapi apa yang harus saya gembalakan? Saya bukanlah anggota dewan pa-roki atau koordinator dari sebuah PD ataupun komunitas. Saya merasa tidak ada yang perlu digembalakan.
Saya berpikir keras apa maksud Tuhan. Sampai satu titik tiba-tiba saya ingat seorang pernah datang kepada saya dan meminta agar saya bersedia menjadi mentor rohaninya. Dan sayapun bersedia. Belum lama berselang, seorang anak muda datang dan berbisik, “Kak, maukah menjadi pembimbing pelayanan saya?” Dan sekali lagi saya menganggukkan ke-pala. Namun apa yang sudah saya lakukan kepada mereka? Tidak ada!
Saya gagal menjadi seorang gembala yang baik bagi mereka yang membutuhkan bimbingan dan pendampingan. Saya merasa bangga menjadi mentor dan pembimbing namun saya tidak tahu harus melakukan apa. “Ya Tuhan, ternyata saya memiliki domba...” Selama ini saya tidak menyadarinya. Sejak itu saya mulai belajar untuk berdoa bagi mereka, menanyakan kabar, dan memberikan perhatian.
Dan saat saya menulis renungan ini Tuhan menyadarkan kembali bahwa ternyata, anak-anak dan istri saya pun butuh di’gembalakan’. (Al)


Adakah domba yang Tuhan minta saya gembalakan?
Doakan mereka satu per satu.

Mat 16:13-19
13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: ''Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?''
14 Jawab mereka: ''Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.''
15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: ''Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?''
16 Maka jawab Simon Petrus: ''Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!''
17 Kata Yesus kepadanya: ''Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
18 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.''

0 komentar:

Posting Komentar