Siapa Yesus

Kej 9:1-13
Mzm 102:16-21,29,22-23
Mrk 8:27-33


Siapa Yesus? (menurut saya)

Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini? - Mrk 8:29

Saya pernah mengalami fase dimana selama bertahun-tahun saya menjadi Katolik tanpa pernah mengenal Yesus secara pribadi. Di kala itu saya termasuk rajin ”nongol” di gereja, bahkan terkadang hingga lebih dari dua kali saya ikut misa berhubung kurangnya organis. Saya juga membeli banyak buku apologetika untuk mempersiapkan diri ketika berargumen dengan teman dari gereja lain. Namun ketika masalah menerpa, saya kebingungan. Goyah dan bimbang. Jangan-jangan yang saya ikuti dan perjuangkan selama ini salah. Di mana Tuhan saat saya dalam situasi yang sulit ini?
Jawabannya saya temukan pada diri orang-orang yang memiliki karya dan kerendahan hati yang luar biasa, seperti Paus Yohanes Paulus II, Mother Teresa. Tidak hanya mere-ka, tapi juga dalam diri teman kos saya, seorang pastor kerabat saya. Melalui mereka, saya bisa merasakan keha-diran Tuhan secara nyata. Saya mulai memahami siapa Dia. Meneladan bagaimana mereka bersikap dalam tekanan keadaan sesulit apapun. Dan secara pribadi, Tuhan men-jamah hati saya.
Sekarang saya bisa menuliskan jawaban dari pertanyaan di atas. Bagaimana dengan Anda? (Lie)

Siapakah Yesus menurut saya?

Mrk 8:27-33

27 Kemudian Yesus beserta murid-murid-Nya berangkat ke kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Di tengah jalan Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: ''Kata orang, siapakah Aku ini?''
28 Jawab mereka: ''Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi.''
29 Ia bertanya kepada mereka: ''Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?'' Maka jawab Petrus: ''Engkau adalah Mesias!''
30 Lalu Yesus melarang mereka dengan keras supaya jangan memberitahukan kepada siapa pun tentang Dia.
31 Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.
32 Hal ini dikatakan-Nya dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia.
33 Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya Ia memarahi Petrus, kata-Nya: ''Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.''

0 komentar:

Posting Komentar