Sangkuli

Kej 11:1-9
Mzm 33:10-15
Mrk 8:34-9:1


Sangkuli

Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya,
memikul salibnya dan mengikut Aku. - Mrk 8:34

Dalam arti tertentu kita tahu bahwa salib adalah lambang kemenangan Kristus atas kematian. Namun dari sisi lain, salib juga identik dengan kematian, yang lebih sering diidentikkan dengan kematian atas kedagingan kita. Oh ya, saya punya satu ungkap-an baru “sangkuli” yang merupakan kependekan dari “sangkal diri, pikul salib, dan ikut Aku”.
Setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda dalam proses sangkuli ini. Saya sering diproses dalam hal materi, karena di bagian ini saya memerlukan waktu yang sangat panjang untuk berserah diri kepada Tuhan saja. Oleh sebab itu pengalaman yang paling sering saya bagikan kepada orang lain adalah bagaimana Tuhan membebaskan saya dari kekuatiran akan masa depan.
Cita-cita saya adalah menjadi orang yang sukses dan kaya. Bertahun-tahun saya terobsesi dengan kesuksesan materi. Dengan memiliki materi, saya dapat melakukan apapun yang saya inginkan. Namun ternyata Tuhan punya rencana yang lebih indah dalam hidup saya.
Satu hal yang saya pelajari dalam hal penyangkalan diri adalah iman kepercayaan saya kepada Tuhan semakin bertumbuh dari waktu ke waktu. Dan keinginan daging saya semakin hari semakin berkurang, serta kerinduan saya untuk hidup dalam kekekalan semakin menebal sehingga mampu mengikis segala bentuk pengejaran hidup duniawi yang haya sesaat. (Sur)

Sudahkah saya menyangkal diri dan mengikut kehendak Tuhan
dalam hidup saya?

Mrk 8:34-9:1

34 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: ''Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
35 Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya.
36 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.
37 Karena apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?
38 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusia pun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus.''
1 Kata-Nya lagi kepada mereka: ''Aku berkata kepadamu, sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat bahwa Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa.''

0 komentar:

Posting Komentar