Demi Gengsi

Yes 1:10,16-20
Mzm 50:8-9,16-17,21,23
Mat 23:1-12


Demi Gengsi

Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud
supaya dilihat orang. - Mat 23:5

Coba renungkan berapa banyak hal yang kita lakukan supaya dilihat dan dipuji orang! Kita berdandan dan memakai pakaian yang bagus-bagus, sepatu berhak tinggi (yang me-nyakitkan kaki), memakai korset demi menyembunyikan lemak di perut (yang juga sangat menyakitkan), semuanya demi dilihat dan dipuji orang. Mobil yang kita pakai seringkali kita pilih demi gengsi alias demi dipuji dan dilihat orang. Rumah kita didekor sedemikian rupa supaya dipuji tamu yang berkunjung. Urusan gengsi memang tidak terpisahkan dari hidup kita.
Sayangnya seringkali urusan gengsi pun masuk ke dalam urusan relasi dengan Tuhan. Di hadapan orang, kita menampilkan diri dan dipandang sebagai sosok teladan bagi orang Katolik. Aktif di paroki. Donatur bagi Gereja. Ketua panitia ini-itu. Namun semua hanya demi gengsi agar punya nama baik dan dipuji orang. Padahal hati ini jauh dari Tuhan. Kelakuan kita juga tidak mencerminkan ajaran Yesus. Pikiran dan niat hati selalu jahat kepada orang lain.
Yesus mengingatkan, bahwa Tuhan melihat yang tersembunyi. Orang lain boleh mencap kita sebagai orang yang saleh. Namun Tuhan tahu apa yang kita sembunyikan dari orang lain. Yesus bukan ingin menghakimi kita. Namun Yesus menginginkan kita sadar bahwa kita tidak bisa sembunyi di hadapanNya, dan mau mengubah hidup kita. (Jo)

Apakah saya sudah jujur di hadapan Tuhan?

1 Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya:
2 ''Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.
3 Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.
4 Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya.
5 Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang;
6 mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat;
7 mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi.
8 Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara.
9 Dan janganlah kamu menyebut siapa pun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.
10 Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias.
11 Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.
12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

0 komentar:

Posting Komentar