Kita berbeda

Yes 58:1-9a
Mzm 51:3-6a,18-19
Mat 9:14-15



Kita berbeda

Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-muridMu tidak?
- Mat 9:14

Ada cerita tentang seorang bapak dan anaknya yang membawa seekor keledai menuju ke kota. Dalam perjalanan, awalnya bapak meminta anaknya untuk duduk di atas keledai. Setelah melewati suatu tempat, karena orang-orang berkomentar kalau anaknya tidak tahu diri membiarkan bapaknya yang sudah berumur jalan kaki, merekapun bertukar tempat. Bapak naik keledai, anak jalan kaki. Tak lama mereka pun melewati kerumunan orang banyak, dan lagi-lagi orang-orang berkomentar si bapak begitu kejam membiarkan anaknya jalan kaki, sedangkan ia dengan enaknya duduk di punggung keledai. Karena perduli akan omongan orang, akhirnya mereka berdua duduk bersama di punggung keledainya. Tatkala tiba di suatu tempat, kembali orang-orang berkomentar betapa kejamnya mereka terhadap keledainya yang berjalan terseok-seok menahan beban dua orang di punggungnya. Akhirnya tak satupun dari mereka duduk di atas keledai.
Saya ingin mengajak kita melihat cerita di atas dengan menempatkan diri kita sebagai orang-orang di sepanjang jalan. Bukankah kita sering bersikap seperti mereka dalam hidup kita sehari-hari? Seringkali begitu mudahnya kita berkomentar atau bahkan eks-trimnya, menghakimi orang lain. Padahal kita tidak mengerti betul sikon yang dialami orang lain. Apa yang terlihat belum tentu menggambarkan apa yang sesungguhnya terjadi. Tapi kita sibuk berkomentar ini dan itu.
Marilah kita belajar untuk tidak menghakimi orang lain, karena setiap orang tentu punya cara dan pertimbangannya masing-masing dalam menghadapi setiap situasi. (Jc)

Apakah saya mudah menghakimi orang lain?


Mat 9:14-15
14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: ''Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?''
15 Jawab Yesus kepada mereka: ''Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

0 komentar:

Posting Komentar