Memakai topeng

Yes 50:4-9a
Mzm 69:8-10,21-22,31,33-34
Mat 26:14-25


Memakai Topeng

Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya:
''Bukan aku, ya Rabi?” - Mat 26:25

Saya bertanya-tanya mengapa kata-kata Yudas di atas dicatat dalam Alkitab. Mungkin untuk mengingatkan kita semua, karena sebagai manusia kita pintar bersandiwara. Kita memakai topeng di hadapan orang lain.
Kita memakai topeng keramahan ketika bertemu orang-orang penting. Mungkin dalam hati kita tidak menyukai mereka. Tapi karena mereka atasan kita, maka kita memakai topeng keramahan. Beberapa orang bahkan memakai topeng 'mencari
muka'. Kita memakai topeng persahabatan di depan beberapa teman. Padahal mungkin di belakang mereka, kita membicarakan kekurangan mereka. Bahkan mungkin mengajak orang ikut menjelekkan mereka.
Sayangnya, di hadapan Allah yang Maha Tahu, kita sering lupa melepaskan topeng kita. Kita mengenakan topeng 'anak baik'. Padahal dalam hidup sehari-hari, enggan bertobat dari dosa dan mengubah cara hidup yang tidak berkenan di mata Tuhan. Apakah Tuhan bisa kita tipu dengan topeng kita? (Jo)


Marilah datang dengan jujur kepada Tuhan!

14 Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala.
15 Ia berkata: ''Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?'' Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya.
16 Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.
17 Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: ''Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?''
18 Jawab Yesus: ''Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya: Pesan Guru: waktu-Ku hampir tiba; di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku.''
19 Lalu murid-murid-Nya melakukan seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka dan mempersiapkan Paskah.
20 Setelah hari malam, Yesus duduk makan bersama-sama dengan kedua belas murid itu.
21 Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata: ''Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.''
22 Dan dengan hati yang sangat sedih berkatalah mereka seorang demi seorang kepada-Nya: ''Bukan aku, ya Tuhan?''
23 Ia menjawab: ''Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku.
24 Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.''
25 Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: ''Bukan aku, ya Rabi?'' Kata Yesus kepadanya: ''Engkau telah mengatakannya.''

0 komentar:

Posting Komentar