Menjamah Tuhan

Kej 1:1-19
Mzm 104:1-2a,5-6,10,12,35c
Mrk 6:53-56


Menjamah Tuhan

Dan semua orang yang menjamahNya menjadi sembuh. - Mrk 6:55b

Kita semua tentu setuju jika Yesus dianggap terkenal hingga orang banyak kerap mengikutiNya ke manapun Ia pergi. Kebanyakan dari mereka datang untuk meminta kesembuhan. Bahkan beberapa percaya bahwa dengan menjamah ujung jubahNya saja dirinya akan sembuh. Dan kita tahu, Yesus tergerak hatiNya sehingga kesembuhan pun terjadi.
Banyak kisah dalam Kitab Suci yang menceritakan peristiwa dimana Yesus tergerak hatiNya. Namun sebenarnya, apa yang membuat hati Yesus tersentuh? Saya melihat ada tiga hal yang berperan: iman, usaha, dan kehendak Tuhan. Beriman tanpa usaha sama dengan tong kosong. Berusaha tanpa beriman, dapat berujung pada keletihan fisik dan mental. Namun sekali-pun dua hal tersebut dilakukan tapi Tuhan belum berkehendak, juga tidak akan terjadi.
Akan tetapi yang perlu kita ingat, sebagaimana seorang ayah sayang pada anaknya, demikianlah besar kasih Tuhan kepada kita. Mana mungkin Ia membiarkan anakNya dalam kema-langan? Apalagi mereka yang lurus hatinya dan selalu hidup di jalanNya. Tuhan pasti akan menjawab, dalam kehendakNya (bukan kehendak kita) dan pada waktuNya (bukan waktu kita).
Kita memang tidak bisa mengubah kehendak Tuhan, namun kita bisa ’menjamah’ hati Tuhan, melalui iman dengan disertai sikap yang tulus dan rendah hati, juga usaha dan kerja keras. Dan yang terpenting, berserah sepenuhnya pada kehen-dakNya. (Lie)

Adakah doa saya yang dijawab Tuhan?
Cobalah mulai membuat catatan doa.

Mrk 3 : 53 - 56

53 Setibanya di seberang Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ.
54 Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus.
55 Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada.
56 Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar