Exiting or joy?

Pesta St. Matias, Rasul

Kis 1:15-17,20-26
Mzm 113:1-8
Yoh 15:9-17

Exciting Or Joy?

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacitaKu
ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. - Yoh 15:11

Suatu hari kami pergi berlibur ke Puncak. Kami sekeluarga bersukacita membayangkan betapa menyenangkannya bisa berada di tempat yang berudara sejuk dan memiliki pemandangan indah. Kendaraan kami melaju cepat mengikuti alunan musik ceria yang kami putar.
Namun itu semua tidak berlangsung lama. Dalam seketika semuanya berubah. Berawal dari bis yang ugal-ugalan hingga mobil yang berjalan lambat di jalur cepat. Suasana hati ceria mulai berubah. Rasa kesal menyeruak keluar. Kutukan rohani mulai bertaburan, seperti: “Ya Tuhan, ampunilah pengendara di depan yang tidak tahu aturan. Semoga bannya tidak kempes di jalan…Aleluya! ”
Sementara itu saya pun menjadi sangat terganggu dengan suara candaan anak-anak yang duduk di kursi belakang. Dengan suara menggelegar saya berseru, “Diam!!!!” Saya marah. Kekesalan saya memuncak. Sukacita yang beberapa menit lalu memenuhi hati sekarang hilang entah ke mana. Arrggghh…..!
Pernahkah Anda mengalami hal serupa? Tahukah Anda bah-wa perasaan senang/bersemangat (exciting) itu berbeda dengan sukacita (joy)? Perasaan senang itu datang dan pergi tergantung keadaan, perasaan, dan suasana sekeliling kita. Tidak demikian dengan sukacita. Sukacita adalah salah satu buah Roh. Ia da-tang dari kedekatan kita dengan Tuhan. Semakin kita dekat de-nganNya, semakin sukacita itu tinggal tetap dalam hati kita. Sukacita inilah yang membawa kekuatan dan kasih dalam seluruh hidup kita. (Al)

Apakah saya mau bersukacita hari ini ?

0 komentar:

Posting Komentar