Gembala yang baik

Kis 11:1-18
Mzm 42:2-3; 43:3-4
Yoh 10:11-18


Gembala yang baik

Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombana..
- Yoh 10:11

Umumnya, jarang sekali umat yang bersedia dipilih untuk menjadi pengurus baik di lingkungan maupun lingkup paroki. Alasan yang diungkapkan pun terdengar mirip-mirip, seperti belum pantas atau kendala waktu. Kalaupun ada yang akhirnya menjabat posisi itu biasanya bisa seumur hidup ke-cuali kalau pindah rumah.
Hal itu pun kami alami ketika memilih ketua lingkungan baru. Awalnya beliau menolak karena alasan-alasan di atas. Namun setelah kami mengadakan pendekatan, akhirnya beliau bersedia juga.
Ayat di atas mengingatkan saya pada ketua lingkungan baru tersebut. Memang beliau tidak memberikan nyawanya bagi umatnya, namun di tengah badai krisis ekonomi beliau selalu bersedia membantu warganya yang mendapat kesulitan. Sejak masa kepengurusannya, kegiatan baksos pun semakin sering dilakukan sehingga menambah kebersamaan dan keakraban antar warga.
Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang gembala yang baik. Bukan hanya soal mengadakan kegiatan untuk umat, tapi hidup doa pun harus semakin baik dan semakin dekat pada Yesus. Karena kita membutuhkan bim-bingan Roh KudusNya agar tahu ke mana kita harus melangkah. (Au)


Siapkah saya untuk menjadi seorang “gembala”?

0 komentar:

Posting Komentar