Pergilah

Kej 41:55-57; 42:5-7a,17-24a
Mzm 33:2-3,10-11,18-19
Mat 10:1=7


Pergilah, Kita Diutus

Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. - Mat 10:7

Sejak kecil saya selalu bingung mengapa di akhir perayaan Ekaristi, romo selalu berkata, “Perayaan Ekaristi telah selesai. Pergilah, kita semua diutus.” Saya terus bertanya-tanya dalam hati tentang maksud perkataan tersebut. Hingga akhirnya beberapa tahun lalu, baru saya mendapatkan ja-waban atas kebingungan saya.
Seorang romo dalam kotbahnya menjelaskan maksud kalimat itu. Kalimat yang merupakan perutusan dan diucapkan saat menutup perayaan Ekaristi. Jadi setelah kita mendapatkan firman dan menikmati Tubuh Kristus, di akhir misa kita diutus untuk menceritakan kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita. Sama seperti perkataan Tuhan dalam Injil hari ini yang meminta kita untuk pergi ke mana pun dan terus memberitakan Injil Tuhan.
Seringkali saat mengikuti misa, kita menjadi orang yang amat ‘kudus’. Berdoa dengan khusyuk dan mengikuti setiap detil perayaan dengan seksama. Tapi sekeluarnya dari pintu gereja, kita kembali membiarkan sifat buruk mengikuti. Seakan apa yang telah kita alami selama Ekaristi, tak ada artinya. Melalui kutipan Injil hari ini, mari kita belajar untuk membawa kebaikan dan hati Tuhan ke mana pun kita pergi. Jangan biarkan hati kita kudus hanya saat berada di dalam gereja. Tapi biarlah di mana pun kita berada, kita senantiasa menyatakan kebaikan dan kasih Tuhan. Karena untuk itulah setiap kita diutus. (Ve)

Apa yang dapat saya lakukan sebagai respon atas perutusan Tuhan?


1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.
2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,
3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,
4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.
5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: ''Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

0 komentar:

Posting Komentar